Beranda > Perangkat Guru, Sertifikasi Guru > Petunjuk Teknis Pelaksanaan Peraturan Bersama Tentang Penataan dan Pemerataan Guru

Petunjuk Teknis Pelaksanaan Peraturan Bersama Tentang Penataan dan Pemerataan Guru


Di awal tahun 2012 kali ini, Alhamdulillah koneksi internet lancar. Setelah beberapa hari koneksi agak bermasalah, akhirnya hari ini bisa upload file juga. Sehubungan banyaknya teman-teman guru yang menanyakan tentang peraturan bersama 5 menteri yang membahas masalah penataan guru (mutasi guru) yang katanya guru PNS bisa dipindahkan dari propinsi yang satu ke propinsi yang lain. Dan bagi yang tidak mau dimutasi maka akanĀ  di-PHK terutama bagi guru yang sudah bersertifikasi. Untuk itu berikut tentang petunjuk teknis pelaksanaan peraturan bersama lima menteri tentang penataan dan pemerataan guru.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca isi dari Petunjuk Teknis Pelaksanaan Peraturan Bersama tentang Penataan dan Pemerataan Guru berikut ini :

Peraturan bersama menteri pendidikan nasional, menteri negara pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi, menteri dalam negeri, menteri keuangan, dan menteri agama Nomor: 05/x/pb/2011,spb/03/m.pan-rb/10/2011,48 tahun 2011,158/pmk.01/2011,11 tahun 2011 tahun 2011 tentang penataan dan pemerataan guru Pegawai Negeri Sipil merupakan implementasi dari amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru, khususnya yang berkaitan dengan tugas guru dan pengawas dan Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2003 tentang Wewenang Pengangkatan, Pemindahan, dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil.

Agar penataan dan pemerataan guru dapat direalisasikan dengan baik, maka perlu pemahaman yang sama antara berbagai pihak yang berkepentingan. Untuk itu, diperlukan sebuah petunjuk teknis yang dapat menjadi acuan bagi pemerintah provinsi atau kabupaten/kota, dinas pendidikan kabupaten/kota, dinas pendidikan provinsi, dan unsur lain yang terkait dengan pelaksanaan penataan dan pemerataan guru pegawai negeri sipil

Petunjuk Teknis ini disusun sebagai acuan dalam implementasi peraturan bersama 5 menteri dimaksud. Petunjuk Teknis ini berisi hal-hal yang berkaitan dengan perhitungan kebutuhan guru, kriteria guru yang dipindahkan, wewenang instansi terkait terhadap pelaksanaan penataan dan pemerataan guru baik pemerintah maupun pemerintah daerah

Karena halaman sebanyak 82 halaman, maka untuk lebih lengkapnya silahkan download dari link di bawah ini:

Dijamin gratis…..!

Jangan lupa tinggalkan jejakmu dengan meninggalkan komentar…..

About these ads
  1. adi erma rosinai
    2 Januari 2012 pukul 18:53

    apakah guru sertifikasi tid bisa mencukupi jam ngajarnya di sekolah lain? sehingga kami yg belum sertifikasi ada jam ngajar sesuai mata pelajaran kami.

    • 4 Januari 2012 pukul 09:35

      Yang saya tahu untuk mencukupi jam mengajar, seorang guru bisa mengajar di beberapa sekolah, tidak harus satu sekolah.
      Jika disuatu sekolah sudah ada yang mengajar (walaupun belum sertifikasi), harusnya yang sudah sertifikasi tidak diperbolehkan menambah jam di sekolah tersebut, tetapi semua tergantung kebijakan Kepala Sekolah masing-masing.

  2. 17 Januari 2012 pukul 07:50

    jika memang aturan ini akan diterapkan, hendaknya pemerintah daerah mampu memfasilitasi pemerataan guru tersebut, terutama guru-guru kejuruan (SMK) karena jika diterapkan maka akibat yang didapatkan adalah banyaknya guru yang tidak akan mencukupi jam mengajar sesuai dengan Permen No 39 tahun 2009, dengan demikian diperlukan aturan yang mengikat terkait dengan pembagian dan distribusi guru

    • 17 Januari 2012 pukul 21:36

      Kemungkinan besar jika di suatu daerah tidak bisa tercukupi jam mengajarnya, maka sesuai petunjuk teknis akan dimutasi ke luar daerah dimana masih membutuhkan untuk mata pelajaran tersebut

  3. Aslam
    3 Februari 2012 pukul 08:12

    Apakah pemerintah sanggup melaksanakan keputusan ini secara Nasional?
    Apakah setiap daerah sudah memiliki solusi? jangan sampai munculnya peraturan ini justru menjadi pemicu konflik di tingkat daerah dan menjadi sorotan kembali buruknya sistem pendidikan di Indonesia, ataukah pembuat kebijakan sekarang merasa “dendam” kepada pengambil kebijakan terdahulu yang ingin meningkatkan taraf hidup para guru, sehingga dibuatlah aturan yang memungkinkan guru tidak mendapatkan tunjangan sertifikasi?
    wahai bapak-ibu guru, engkau tetap akan dihibur dengan “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”

  4. 22 Maret 2013 pukul 18:59

    jika yang lain, dalam permasalahan mutasi selalu berkutat pada hal materi misalnya dengan adanya tunjangan sertifikasi, namun bagi saya yg tidak mendapatkan sertifikasi guru, menyambut peraturan mutasi dan penataan guru adalah semata-mata untuk meningkatkan mutu hasil pendidikan peserta didik.Mutasi hendaknya juga dilakukan kepada guru yg sdh terlalu lama bertugas di suatu sekolah baik di SD,SMP atau SMA dan sederajad.. disamping menghilangkan kejenuhan juga untuk meningkatkan etos kerja dan kinerja guru. Guru yg terlalu lama di suatu sekolah secara psychologis guru tersebut merasa dirinya senior dari yg lain, merasa serba tahu dan tidak sedikit, guru tsb tidak mau dibimbing oleh kepala sekolahnya, bahkan kadang mendikte/menentangnya.

    • 22 Maret 2013 pukul 22:50

      Setuju dengan pendapat anda.
      Terkadang dimutasi ditempat baru-pun jika ditempat baru tersebut banyak yang lebih muda, juga akan merasa senior dan sulit diatur oleh pimpinan.

      • 9 Juni 2014 pukul 11:14

        kita jujur aja deh …yg namanya mutasi g enak….! bagi anda sich biasa saja, tapi yg sudah ngumpul satu tempat bersama keluarga, klo di pindah ke tempat yang lebih jauhhhhh….trus terang g sanggup bro….!

  1. 13 Januari 2012 pukul 00:06

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: